Jumat, 12 April 2013

Tips Sukses Bekerja Dengan Tim

Perjuangan membutuhkan pengorban, dan pengorbanan itu harus dimulai dari diri sendiri bekerja dengan baik bersama tim kerja kita. Agar sukses dalam sebuah kerja dalam tim, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.

1. Memahami Job Desk / Peran dalam Kerja Tim
Dalam sebuah tim, tentu setiap orang memiliki peran masing-masing. Maka, pahami benar apa peran yang Anda emban serta tanggung jawab yang berada di balik peran tersebut. Pastikan Anda melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab tersebut dengan benar sesuai dengan tujuan bersama yang telah ditetapkan tim.

2. Menjalin Komunikasi 
Tercapainya tujuan bersama yang telah ditetapkan oleh tim tidak terlepas dari adanya komunikasi efektif antartiap anggota. Komunikasi efektif ini perlu dilakukan secara periodik dengan tujuan monitoring dan correcting. Fungsi monitoring dimaksudkan untuk mengontrol kemajuan tugas-tugas tiap anggota.
Sementara fungsi correcting bertujuan memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi dalam menyelesaikan tugas-tugas yang telah ditentukan. Dalam sebuah tim Project Officer (PO) bertugas menyinambungkan efektivitas kerja tim tersebut. Namun perlu diingat, komunikasi yang terjalin dalam sebuah tim bukan lah satu arah dari pimpinan ke anggota melainkan komunikasi dua arah di mana para anggota dapat menyalurkan ide demi kesuksesan bersama.

3. Power sharing / Pembagian Kekuasaan Kerja
Dalam tim, sebaiknya ada pembagian kekuasaan. Jadi, tidak ada anggota tim yang terlalu dominan maupun terlalu pasif. Setiap anggota tim perlu diberikan kesempatan untuk menjadi "pemimpin", menunjukkan "kekuasaannya" di bidang yang menjadi keahlian dan tanggung jawab masing-masing. Sehingga mereka merasa ikut bertanggung jawab untuk tercapainya tujuan bersama.

4. Menujukkan Keahlian
Perbedaan keahlian yang dimiliki masing-masing anggota dalam tim akan saling menunjang dalam mencapai tujuan. Tidak hanya itu, perbedaan keahlian yang dimiliki justru akan memperluas perspektif dan memperkaya keahlian setiap anggota.

5. Berikan Apresiasi atau Reward
Berikan apresiasi kepada anggota yang memberikan kontribusi positif dalam usaha meraih tujuan bersama yang telah ditentukan tim. Apresiasi tidak perlu berupa uang melainkan lewat sebuah pujian tulus. Hal ini menunjukkan kita menghargai kerja keras yang telah dilakukannya. Dengan demikian dapat memacu sang anggota untuk terus berprestasi.

6. Bangun Sikap dan Pemikiran positif
Perbedaan di antara tiap anggota pun kerap kali berujung konflik. Namun, berbagai kendala yang menghadang janganlah dihindari. Hadapi kesulitan tersebut sebagai sebuah tantangan dengan cara-cara yang positif.

7. Resolusi konflik
Konflik tidak selamanya negatif. Lewat konflik, tanpa disadari kita pun memiliki perspektif berbeda mengenai suatu masalah dan melahirkan cara, inovasi, maupun perubahan baru yang memang diperlukan untuk mencapai tujuan. Kuncinya, jangan pernah mendiamkan atau mengabaikan sebuah konflik kecil. Sebab, konflik seperti kanker dapat menyebar dengan cepat tanpa disadari hingga akhirnya meruntuhkan tim tersebut.

8. Lakukan Evaluasi setiap Saat
Evaluasi penting dilakukan secara berkala untuk melihat kinerja masing-masing anggota maupun kinerja tim secara menyeluruh. Melihat sejauh mana kemajuan kerja tim dalam meraih tujuan yang telah ditetapkan.

Demikian 8 tips sukses bekerja dengan tim, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar