Sabtu, 29 Juni 2013

Teknik Membangkitkan Motivasi Siswa Peserta Didik

Sahabat Arena yang baik hati... Pada tulisan ini penulis ingin menyampaikan bahwa terjadinya motivasi pada diri seseorang itu ada yang timbul dengan sendirinya (secara alami), dan ada pula yang datang dari pengaruh orang lain atau eksternal (pengaruh luar). Hal itu kadang-kadang keberadaannya bersifat sementara, agar seseorang mau melakukan sesuatu, maka diperlukan teknik ataupun cara untuk membangkitkannya. Diantara cara teknik membangkitkan motivasi adalah :
  1. Memberikan angka. Lazimnya setiap kali ulangan setiap siswa ingin segera mengetahui hasilnya (nilainya). Para siswa yang mendapatkan nilai/angka yang baik akan mendorong motivasi yang kuat untuk belajar lebih rajin dan sebaliknya.
  2. Pujian sebagai akibat dari pekerjaan yang berhasil akan meningkatkan motivasi siswa. Oleh karena itu, kadang-kadang pujian diperlukan bagi siswa yang berhasil dalam suatu pekerjaan.
  3. Persaingan sering mempertinggi hasil belajar, baik persaingan secara individu maupun persaingan secara kelompok. Dalam hal ini persaingan harus bersifat sehat.
  4. Penilaian/ulangan: ulangan yang diberikan kepada para siswa secara teratur akan mendorong para siswa untuk belajar.
  5. Karyawisata, secara ini akan membangkitkan motivasi belajar pada diri siswa karena mereka akan mendapatkan pengalaman langsung dari obyek yang dikunjunginya.
  6. Kerjasama, mengerjakan tugas/pekerjaan secara bersama akan mempertinggi kegiatan belajar.
  7. Teguran dan kecaman, digunakan untuk memperbaiki kesalahan atau kelalaian yang dilakukan para siswa.
  8. Suasana yang menyenangkan.

Dalam interaksi antara para guru dengan para siswa, siswa dengan siswa secara harmonis akan memberikan ketenangan, kesenangan dan rasa kepuasan pada diri siswa, sehingga menimbulkan semangat untuk belajar.
Itulah diantara Teknik Cara Membangkitkan motivasi peserta didik di sekolah, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar