Selasa, 09 Juli 2013

Strategi Untuk Meraih Kesuksesan

Kata sukses akan selalu diucapkan oleh mereka yang ingin merubah kehidupannya ke arah yang lebih baik. Mengenai arti sukses difahami seseorang dengan makna yang bermacam-macam tergantung latar sudut pandang orang tersebut memandang kesuksesan itu. Dan yang pasti walau tak setiap orang mengatakan kesuksesan tetapi dapat dipastikan semuanya menginginkan cara meraih kesuksesan dalam hidupnya.

Setiap orang memandang arti dan makna sukses berbeda-beda tergantung kontek sukses yang dijalaninya, dan yang pasti walau definisi sukses itu bervariasi tetapi garis besar maknanya akan sama. Seorang yang berprofesi sebagai dokter akan mengatakan sukses jika dia dapat membantu pasien menghadapi penyakitnya, seorang Guru Sukses bila anak didiknya lulus sekolah, pedagang akan mengartikan sukses jika dagangannya laris, seorang pelajar atau mahasiswa sukses jika dia berhasil melewati ujian-ujian di kampusnya, dan seterusnya.

Oleh karena sukses itu tergantung pada konteks profesi dalam kehidupan seorang manusia maka diperlukan strategi khusus untuk meraihnya. Sebab tujuan yang ingin dicapai itu tidak begitu saja dapat terjadi dibutuhkan cara atau langkah yang efektif agar cepat mendapatkannya.

Dalam tulisan kali ini saya menyuguhkan kepada pembaca bagaimana strategi cara untuk meraih kesuksesan yang diharapkan dapat menjadi motivasi kita dalam menggapai kesuksesan dunia dan akhirat. Berikut diantara strategi untuk meraih kesuksesan :

Bangun Percaya Diri dan Kenali Potensi Diri
Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara membangun kepercayaan pada diri kita sendiri. Tampilan kita harus mempesona sehingga menarik dilihat orang lain, muncul simpati orang dan wibawa akan terpancar. Allah SWT memberikan potensi yang berbeda-beda pada setiap orang, dan dengan mengoptimalkan salah satu potensi kita yang menonjol maka akan lahirlah kepercayaan diri karena mempunyai kelebihan yang dimiliki.

Melakukan Segala Hal dengan Optimal (Kerja keras dan Disiplin)
Sukses itu tidak terjadi begitu saja, seseorang harus meraihnya dengan cara kerja keras dan disiplin. Strategi dengan cara kerja keras dan disiplin dalam segala hal sangatlah ampuh. Terbukti dengan para tokoh dan orang hebat sudah dipastikan mereka merainya dengan dua cara ini.
Memang hal ini tidak mudah untuk dilakukan, namun pasti dapat dilakukan. Dengan usaha yang maksimal (kerja keras dan disiplin) maka akan diperoleh hasil yang optimal, dan sebaliknya pekerjaan yang dilakukan dengan minimal maka hasilnya pun akan sedikit. Tetapi bagi siapa yang sudah merasa melakukannya dengan kerja keras dan disiplin dengan maksimal tetapi hasilnya tidak kunjung seperti yang diharapkan, maka jangan berkecil hati karena setiap usaha dengan niat baik akan mendapatkan balasan dihadapan Allah SWT. Jika balasan itu tidak nampak di dunia, maka di kemudian hari tentu Anda akan mendapatkannya.

Biasakan Selalu Belajar
Sifat orang yang terpelajar akan tampak berbeda dengan yang tidak terpelajar. Orang yang terpelajar itu bukan dalam pengertian yang mengenyam pendidikan formal dari SD sampai Sarjana, tetapi yang selalu mengambil pelajaran dari setiap yang terjadi dalam kehidupannya.
Kunci dari belajar adalah membaca, dan membaca tidak selalu identik dengan orang yang berpendidikan formal. Bisa saja orang yang tidak mempunyai kesempatan sekolah lebih hebat dan mampu belajar dengan lebih baik daripada mereka yang berpendidikan tinggi. Dan tidak sedikit orang yang bergelar sarjana yang mengaku dirinya orang terpelajar tetapi kurang bisa mempelajari sisi kehidupan karena lemah dalam membaca.
Mari kita membiasakan diri kita untuk belajar memahami kehidupan ini dengan cara memperbanyak membaca.

Membiasakah Hal-hal yang Positif
Strategi selanjutnya adalah dengan cara melakukan hal-hal yang sudah pasti ada positifnya. Item perbuatan dalam keseharian kita sangatlah banyak, coba kita renungkan dan pilah-pilah mana yang bernilai postif, mana yang tak bernilai dan mana yang negative. Jangan-jangan kita lebih banyak yang tak bernilai ditambah dengan satu atau dua hal yang negative.
Dengan membiasakan melakukan perbuatan postif maka suatu saat nanti akan sampai pada tujuan makna arti kesuksesan yang dicita-citakan.

Selalu Belajar dari Kegagalan
Orang sukses bukan berarti yang tidak pernah gagal, bahkan sebaliknya orang sukses adalah orang yang pasti pernah merasakan kegagalan, dan belajar dari kegagalan tersebut.
Bila kita mengalami kegagalan dalam satu kegiatan atau pekerjaan maka tidak boleh putus asa, sebab dengan putus asa maka justru akan menjadi “orang gagal”.
Kunci sukses ini pantang menyerah dalam setiap kegagalan. Yakinilah bila jatah gagal untuk kita habis maka yang akan terjadi kesuksesan.

Jadilah Entrepreneur
Menjadi seorang entrepreneur tidak berarti harus seorang wiraswastawan, namun sipapun orang dan apapun profesinya punya peluang menjadi entrepreneur asal dapat menguasai jiwa entrepreneur. Bila kita menganggap menjadi entrepremeur itu hal yang sulit untuk dijalankan, tidak berarti mustahil karena kita dapat mempelajarinya. Menjadi seorang entrepreneur tidak bergantung dengan latar pendidikan, status pekerjaan atau bahkan seorang mahasiswa pun bisa, kuncinya adalah keuletan dan keberanian.

Memaksa Diri untuk Bisa dan Pantang Menyerah
Bisa itu karena dipaksa, dengan dipaksa maka akan terbiasa. Hal ini dapat kita renungkan dari cara kita dulu ketika pertama kali belajar mengendarai sepeda waktu kanak-kanak dengan memaksakan diri kita untuk bias dan pantang menyerah, kita memaksakan diri kita waktu itu untuk bisa seperti orang lain dan akhirnya terbiasa dan hari ini kesuksesan itu sudah menjadi kenyataan.

Strategi Sukses dengan Banyak Memberi Manfaat dan Berdo’a
Kun Fayakun, apa yang terjadi maka terjadilah, semua yang terjadi di dunia ini merupakan kehendak Allah SWT. Tidak ada yang terjadi yang tanpa sekenario-Nya, dan yakinilah janji-Nya bahwa Allah SWT akan menolong seseorang selama hamba-Nya itu menolong saudaranya.
Bila kita selalu menyandarkan harapan dan cita-cita kita hanya kepada-Nya, sangat mungkin sekali jika cita-cita Anda terealisasi. kalaupun belum, maka Allah SWT akan mengganti cita-cita Anda dengan sesuatu yang jauh lebih baik dari impian Anda.
Janganlah menggantungkan harapan kita kepada makhluk.

Mendapat Restu atau Dukungan Orang tua
Sebaik apapun hubungan Anda dengan manusia bahkan dengan Allah SWT, jika Anda mempunyai hubungan yang buruk bahkan durhaka kepada orang tua maka Anda adalah Nothing. Seribu orang seperti itu tidak Ada gunanya. Mintalah restu kepada orang tua Anda setiap Anda akan melakukan sebuah usaha, ujian, maupun yang lainnya karena doa tertulus kepada Anda adalah doa orang tua Anda yang ketulusannya bahkan melebihi doa Anda kepada diri Anda sendiri.

Demikianlah poin-poin utama strategi meraih kesuksesan hidup. Semoga keberkahan menyertai kita semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar