Sabtu, 27 Juli 2013

Teori Tentang Prestasi Belajar Siswa

Teori Tentang Prestasi Belajar Siswa- Istilah prestasi belajar dapat didefinisikan secara sederhana seperti dikemukakan oleh Woodworth (dalam Sumadi Suryabrata, 1993: 169), dengan actual ability yang dapat diukur dengan alat atau tes tertentu.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdikbud, hal. 700), dikatakan prestasi adalah hasil yang dicapai, karena perbuatan, tindakan atau kepandaiannya sehingga dapat dibedakan antara kemampuan seseorang dengan orang lain atau hasil yang dicapai dari yang telah dilakukan.

Sedangkan istilah belajar, para pakar mendefinisikan beragam tetapi pada intinya banyak mempunyai kesamaan. Chaplin dalam bukunya "Dictionary of Psychology" sebagaimana yang dikutip oleh Muhibbin Syah (2001: 90), membatasi belajar dengan dua macam rumusan. Rumusan pertama berbunyi: belajar adalah perolehan perubahan tingkah laku yang relative menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman. Rumusan keduanya belajar ialah proses memperoleh respon-respon sebagai akibat adanya latihan khusus.

Hintzman (Muhibbin Syah, 2001: 90), berpendapat bahwa belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme (manusia dan hewan) disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut.

Sementara itu Gagne (Ngalim Purwanto, hal. 83), menyatakan bahwa belajar terjadi apabila suatu situasi stimulus bersama dengan isi ingatan mempengaruhi siswa sedemikian rupa, sehingga perbuatannya (performance) berubah dari waktu sebelum ia mengalami situasi itu ke waktu sesudah ia mengalami situasi tadi.

Proses belajar mengajar pada dasarnya diarahkan agar terjadi perubahan pada siswa, baik dalam pengetahuan, keterampilan maupun pada sikapnya. Hamalik (2001: 159), mengatakan bahwa hasil belajar menunjukkan pada prestasi belajar sedangkan prestasi belajar merupakan indikator adanya derajat perubahan tingkah laku siswa.

Abin Syamsudin (2000: 185), menyatakan hasil belajar atau prestasi belajar adalah kecakapan yang segera dapat didemonstrasikan dan diuji karena merupakan hasil usaha belajar yang bersangkutan dengan cara, bahan dan dalam hal tertentu yang dijalaninya. Nana Sudjana (1995: 124), memberikan pengertian prestasi belajar atau hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa sesudah ia menerima pengalaman belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar