Kamis, 03 Oktober 2013

Hikmah dan Keutamaan ilmu dan orang yang berilmu

Ilmu berasal dari bahasa Arab yang berarti pengetahuan, pengalaman atau pemahaman yang dapat merubah perilaku seseorang. Para ahli membagi ilmu ini menjadi banyak disiplin ilmu, dari semuanya secara garis besar dibagi dua kategori; ilmu umum dan ilmu agama. Tetapi, harus kita yakini bahwa semua ilmu itu berasal dari Allah SWT, seseorang tidak boleh membeda-bedakan atau memilah-milah kan hikmah dan keutamaan ilmu tertentu.

Semua disiplin ilmu yang dikategorikan para ahli dalam pandangan Islam memiliki hikmah dan keutamaan bagi para pencarinya. Diantara hikmah dan keutamaan ilmu adalah sebagai berikut:

Pertama, orang yang berilmu akan ditingikan derajatnya. Sebagaimana dijelaskan dalam QS. Al-Mujadilah ayat 11.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Kedua, orang yang berilmu akan terlihat berbeda sikap juga perbuatannya, dan akan disegani karena ilmunya tersebut. Firman Allah SWT dalam QS. Azzumar ayat 9:
قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ
Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.
Ketiga, Orang yang tidak memperbaharui hari-harinya dengan ilmu maka dia tidak akan mendapat barokah dari Allah SWT.

Apabila datang atasku pergantian hari, sedang pada hari itu aku tidak menambah ilmu yang mendekatkan aku kepada Allah, maka aku tidak akan diberkahi pada hari itu. (HR. Thabrani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar