Senin, 07 Oktober 2013

Pengertian dan Istilah dalam Ilmu Hadits

Di bawah ini istilah-istilah yang biasa digunakan para ahli hadits ketika menjelaskan sabda Rasulullah saw. Para ahli hadits disebutnya "Muhaditsin", bila seorang (mufrod) disebut "Muhadits". Pengertian dan istilah yang sering dipakai muhadits diantaranya sebagai berikut:

الخبر لغة : النباء. إصطلاحا : ماجاء عن النّبيّ صلّى الله عليه وسلّم وغيره من اصحابه أو التابعين أو تابع التّابعين أو من دونهم
Al-Khabar : Menurut lughat: "berita". Menurut istilah: sesuatu yang datang dari Nabi Saw dan dari yang lain, seperti dari para sahabat, tabi’in dan pengikut tabi’in atau orang-orang setelahnya.

الحديث لغة : الجديد. اصطلاحا: ماأضيف الى النّبيّ صلّى الله عليه وسلّم من قول او فعل او تقرير او صفة
Al-Hadits : Menurut lughat; "baru". Menurut istilah; sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Saw baik berupa perkataan, perbuatan, taqrir ataupun sifat.

السنة  لغة : السيرة المتبعة. اصطلاحا : كل ماروي عن النّبيّ صلّى الله عليه وسلّم ممّا ليس قرآنا من أقول أو افعال أو تقريرات ممّا يصلح أن يكون دليلا لحكم شرعي
Al-Sunnah : Menurut lughat; suatu perjalanan yang diikuti. Menurut istilah; segala sesuatu yang diriwayatkan dari Nabi Saw baik yang bukan al-Qur’an baik berupa segala perkataan, perbuatan, taqrir (pengakuan) yang patut dijadikan dalil hukum syara’

الأثر  لغة : البقية او بقية الشيئ.  اصطلاحا: ماجاء عن النّبيّ صلّى الله عليه وسلّم من الصحابة أو التابعين أومن دونهم
Al-Atsar : Menurut lughat; peninggalan atau bekas sesuatu. Menurut istilah; sesuatu yang datang selain dari Nabi saw dan dari para sahabat, tabi’in dan atau orang-orang setelahnya. 

السند  لغة : المعتمد. اصطلاحا : سلسلة الرجال الموصلة الى المتن
Sanad : Menurut lughat; sesuatu yang dijadikan sandaran, pegangan, pedoman. Menurut istilah; mata rantai para perawi hadits yang menghubungkan samapai kepada matan hadits. Dari sanad keluarlah kata isnad yakni; رفع الحديث الى قائله (mengangkat hadits kepada yang mengatakannya, atau yang menukilnya). Dari kata sanad timbul pula istilah musnad (yang disandarkan) dan musnid (yang menyandarkan). 

المجرج  لغة: إخرج. اصطلاحا : هو ذاكر الرواية كالبخاري
Mukharij : Menurut lughat; yang mengeluarkan. Menurut istilah; penyebut periwayatan seperti Al-Bukhari

الطبقة  لغة : طبقات. اصطلاحا : قوم تقاربوا فى السّنّ والإسناد أو فى الإسناد
At-Thabaqah : Menurut lughat; kaum yang serupa atau sebaya. Menurut istilah; kaum yang berdekatan atau sebaya dalam usia dan dalam isnad atau dalam isnad saja. 

Istilah Orang Yang Pakar Hadits | Sebutan Kepakaran Hadits

AL-Hakim
Gelar keahlian bagi pakar hadits yang menguasai seluruh permasalahan hadits, baik matan ataupun sanad, hal ihwal para perawi baik tentang; sifat, biografie dan lainnya.

Al-Hujjah
Gelar para pakar hadits yang kemampuan hapalannya dapat dijadikan hujjah dan menjadi referensi bagi para penghapal lainnya. Atau gelar yang diberikan kepada para imam yang sanggup menghapal 300.000 hadits baik sanad atau matannya, hal ihwal para perawinya.

Al-Hafizh
Gelar ahli hadits yang dapat men-shahih-kan sanad serta matan hadits dan dapat men-ta’dil-kan dan en-jarh-kan para perawi hadits. Atau gelar bagi para penghapal hadits yang kapasitas hapalannya 100.000 hadits.

Al-Muhadits
Orang yang banyak mengetahui sanad, illat, nama para periwayat hadits yang tinggi ataupun yang rendah derajatnya, memahami induk hadits Enam (al-kutubus-sittah) musnad Ahmad, Sunan Al-Baihaqi, Mu’zam at-Thabrani dan seribu juz hadits.

Thalib Al-Hadits
Gelar yang diberikan kepada orang yang memulai karirnya dalam bidang hadits yaitu orang yang meancari hadits atau orang yang sedang mempelajarinya.

Demikian beberapa pengertian dan istilah dalam ilmu hadits dan sebutan yang ditujukan kepada orang / ulama yang pakar dalam hadits. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar