Senin, 07 Oktober 2013

Kumpulan Motivasi Inspirasi Hadits Rasulullah SAW

Kumpulan inspirasi motivasi hadits nabi berikut ini kami kutip dari hadits-hadits Rasulullah saw yang masyhur. Harapan penulis untuk para sahabat pembaca dapat mengambil hikmah dan dorongan dalam bekerja sehari-hari sehingga semangat dalam kondisi apapun.

Inspirasi dapat mengubah seseorang menjadi kuat dalam mental dan membentuk pribadi yang sukses dan berhasil. Kutipan rangkaian inspirasi hadits nabi tersebut adalah sebagai berikut:

Amal (kebaikan) yang disukai Allah ialah yang langgeng meskipun sedikit. (HR. Bukhari)

Barangsiapa yang tidak berbelas kasih niscaya tidak akan dibelaskasihi. (HR.Bukhari dan Muslim)

Bila seorang dari kamu sedang marah hendaklah diam. (HR. Ahmad)

Bukan termasuk umatku orang yg tak menghormati orang tua, tidak menyayangi anak-anak dan tidak memuliakan alim ulama. (HR Ahmad, Thabrani, Hakim)

Doa kalian pasti akan dikabulkan, selama ia tidak terburu-buru, yaitu dengan berkata: aku telah brdoa, akan tetapi tidak kunjung dikabulkan. (Muttafaqun ‘alaih)

Hati-hatilah pada dunia dan hati-hatilah pada wanita karena fitnah pertama bagi Bani Isroil adalah karena wanita. (HR. Muslim)

Janganlah salah seorang dari kalian mengambil barang milik saudaranya, baik bercanda maupun bersungguh-sungguh. (HR.Abu dawud)

Kekayaan tidaklah diukur dengan banyaknya harta, namun kekayaan yang hakiki adalah kekayaan hati. (HR. Bukhari dan Muslim)

Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim. (HR. Ibnu Majah )

Nafkah dari seorang Muslim kepada keluarganya karena mencari pahala adalah sedekah (muttafaq'alaih)

Orang yang ridha Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai rasul, niscaya akan merasakan kelezatan iman. (HR. Muslim)

Pedagang yang jujur dan terpercaya akan dibangkitkan bersama para Nabi, orang-orang shiddiq dan para syuhada (HR. Tirmidzi)

Penyakit umat-umat sebelum kamu telah menjangkiti kalian: kedengkian dan permusuhan. (HR At-Tirmidzi)

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling besar mendatangkan manfaat (baik) bagi manusia yang lain. (HR Thabrani)

Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain. (HR. Bukhari)

Sebaik-baik urusan adalah yang pertengahannya (yang adil atau tidak berlebih-lebihan). (HR. Al-Baihaqi)

semua yg ada di dunia takkan terjadi tanpa sepengatahuan Allah, bahkan daun takkan gugur tanpa sepengetahuan-Nya (HRTirmidzi)

sesungguhnya Allah itu Mahalembut dan mencintai kelembutan di dalam semua urusan. (HR.Muslim)

Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain. (HR. Muslim)

Tiada seorg muslim tertusuk duri atau yang lebih dari itu, kecuali Allah mencatat baginya kebaikan dan menghapus darinya dosa. (HR. Bukhari)

Tidak ada sesuatu yang ditelan seorang hamba yang lebih utama di sisi Allah daripada menelan (menahan) amarah karena keridhoan Allah. (HR Ahmad)

Tidak bersyukur kepada Allah orang yang tidak berterima kasih kepada manusia. (HR. Al-Bukhari)

Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa hadir dalam jual-beli. Maka iringilah jual-belimu dengan banyak bersedekah (HR. Tirmidzi)

Ya Allah, limpahkanlah ketaqwaan kepada jiwaku dan sucikanlah. Engkau adalah sebaik-baik Dzat Yang Mensucikan jiwaku. (HR. Muslim).


Itulah beberapa hadits inspirasi bagi sahabat pembaca arena, semoga bermanfaat bagi yang membaca dan menyimaknya dengan baik. Salam sukses untuk sahabat semua di seluruh dunia.

2 komentar: